Rebranding Agency Jakarta, Indonesia


Rebranding adalah proses mengubah dan menyesuaikan citra perusahaan dan strategi keseluruhannya dengan kondisi pasar saat ini, profil bisnis dan keseluruhan visi tentang apa yang seharusnya diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi yang relevan. Anda dapat memfokuskan kembali tujuan Anda, memperbarui tampilan dan nuansa Anda, serta memperkuat kinerja bisnis Anda untuk jangka panjang dengan bantuan rebranding agency.
Rebranding adalah langkah besar yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, rebranding agency tidak main-main dalam menggali lebih dalam untuk mengungkap apa saja yang perlu diubah dan kekuatan tersembunyi apa yang dapat dimanfaatkan untuk memposisikan merek Anda lebih unggul dari pesaing.
Apa Itu Rebranding?
Sering kali, rebranding adalah bagian dari proses transformasi perusahaan tertentu. Ada banyak alasan untuk transformasi semacam itu. Terkadang, itu karena proses merger dan akuisisi atau memang ada alasan lainnya.
Jadi, apa itu rebranding? Sederhananya, rebranding adalah proses mengubah citra, strategi, dan identitas perusahaan tertentu. Ini bukan hanya tentang menyegarkan citra atau mendesain logo baru. Selama proses ini, hampir setiap elemen merek diubah, dan itu termasuk seluruh identitas merek, jenis logo, nama, warna merek, tipografi, dan elemen-elemen grafis lainnya
Misal perusahaan A dan perusahaan B sepakat untuk bergabung menjadi perusahaan C. Maka perusahaan C membutuhkan positioning baru, prinsip dan pedoman merek, strategi merek, situs web dan profil media sosial baru, elemen grafis offline baru seperti misalnya company profile, interior kantor, bahkan seragam karyawan baru yang menunjukkan identitas perusahaan C, bukan lagi perusahaan A atau perusahaan B.
Rebranding adalah keputusan besar, terlepas dari alasan kenapa Anda melakukan rebranding. Perubahan merek yang tepat dapat membantu Anda memenangkan pelanggan baru, meraih pangsa pasar yang lebih besar, dan mempertahankan talenta terbaik.
Tujuan akhir dari rebranding adalah untuk memastikan kinerja merek Anda. Merek Anda mempengaruhi setiap bagian dari bisnis Anda, mulai dari menarik pelanggan hingga retensi staf, sehingga Anda menginginkannya setiap proses menjadi efektif.
Rebranding dapat dilakukan dengan dua cara yaitu rebranding lengkap dan rebranding parsial. Rebranding lengkap di mana perusahaan sepenuhnya berubah dan identitas merek baru dibuat untuknya. Ini juga disebut perombakan merek, ini adalah jenis rebranding yang paling rumit karena melibatkan semua aspek bisnis mulai dari logo baru hingga bahan branding baru dan strategi pemasaran.
Sedangkan rebranding parsial berarti Anda mempertahankan elemen dan nama yang ada tetapi membuat beberapa perubahan pada komponen lain dari identitas merek sehingga lebih cocok dengan logo dan nama baru, misalnya.
Perlu diketahui bahwa perubahan merek yang tidak selaras, di sisi lain, akan memusingkan dari awal hingga akhir. Waktu dan uang yang diperlukan untuk melakukan rebranding tidaklah sedikit. Jadi supaya usaha rebranding Anda sukses, maka sebaiknya menggunakan rebranding agency yang sudah paham dan berpengalaman.
Pengertian Rebranding Agency
Rebranding agency adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam menciptakan identitas baru untuk perusahaan, organisasi, atau bahkan individu. Pekerjaan yang dilakukan oleh branding agency adalah pembuatan logo, warna merek, tagline/slogan, font, tipografis, ikonografi, kemasan produk, elemen visual tambahan, dan banyak lagi.
Rebranding agency juga bisa membantu Anda dalam memutuskan warna apa yang paling mewakili merek Anda. Anda mungkin memiliki gagasan tentang skema warna apa yang paling cocok untuk bisnis Anda misalnya saja warna merah, biru, atau kuning, tetapi bagaimana jika ternyata warna-warna yang Anda inginkan ini tidak cocok?
Rebranding agency yang baik dapat memberi tahu Anda dengan tepat warna mana yang akan terlihat lebih baik di situs web atau halaman media sosial bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan rebranding, maka rebranding agency akan memandu Anda melalui proses penilaian kebutuhan rebranding Anda dan menentukan skala rebranding yang diperlukan.
Kemudian mereka akan menciptakan merek baru yang akan Anda banggakan, dan akan disukai pelanggan Anda. Tujuan utama rebranding adalah menyesuaikan merek dengan situasi saat ini, baik internal maupun eksternal.
Setelah rebranding, perusahaan Anda dapat mencapai tujuannya, menyampaikan konotasi yang diinginkan, menarik audiens target yang tepat yang dapat berubah setelah proses rebranding dengan tampil membawa dan membangun citra dan reputasi baru.
Rebranding Agency Terbaik di Jakarta, Indonesia
Kamarupa Design Group adalah konsultan kreatif yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun. Kami dapat membantu perusahaan atau merek Anda rebranding, baik itu rebranding lengkap maupun parsial.
Kamarupa Design Group menggunakan keahliannya untuk membuat identitas merek yang benar-benar unik dan dapat meningkatkan pamor baik di offline maupun online. Kamarupa Design Group menawarkan layanan komprehensif seperti desain dan pengembangan situs web, desain tampilan aplikasi, dan berbagai solusi visual lainnya untuk berbagai macam ukuran, mulai dari personal sampai perusahaan multinasional.
Tim profesional Kamarupa Design Group menggunakan berbagai media termasuk media tradisional, desain situs web, manajemen media sosial, dan banyak lagi untuk menyusun strategi khusus yang disesuaikan dengan situasi dan tujuan unik setiap perusahaan atau brand.
*Baca Juga: Mengenal Brand Activation Agency Jakarta, Indonesia
Hal yang kami lakukan dalam membantu rebranding bisnis Anda adalah dengan menganalisa bisnis Anda, pelanggan Anda, dan pesaing Anda untuk melihat posisi Anda saat ini. Ini berguna untuk kami melihat dan kemudian merumuskan bagaimana kami dapat membantu perusahaan atau merek Anda sukses di kemudian hari. Kemudian, kami melakukan audit menyeluruh sehingga kami dapat memberi saran jika diperlukan perubahan merek, dan jika demikian, rebranding seperti apa yang perlu dilakukan.
Setelah kami menganalisa itu semua, Anda mungkin perlu menyelaraskan kembali misi, visi, dan nilai bisnis Anda untuk kemudian kita diskusikan apakah sebaiknya Anda mengubah nama dan tagline perusahaan Anda atau hanya merubah tampilan visualnya saja. Berangkat dari analisa-analisa tersebut, kami membangun kembali kisah, pemosisian, dan penyampaian pesan merek Anda sehingga Anda terhubung dengan pelanggan yang Anda inginkan.
Selanjutnya, tim desain grafis kami mendukung Anda dalam memperbarui bagian-bagian identitas merek Anda yang perlu diremajakan. Mungkin hanya perubahan warna, atau bisa jadi nama baru bahkan ganti logo. Kami pastinya akan menyertakan pedoman merek baru untuk konsistensi materi iklan maupun promosi yang berkelanjutan.
Sebagai tahap terakhir, kami akan membantu Anda meluncurkan merek baru Anda dengan strategi pemasaran yang tepat. Ini bisa melalui pembuatan atau memperbarui website dan aset yang ada dengan branding yang sudah diperbarui atau membuat strategi baru lagi dari awal.
Sebagai branding agency, Kamarupa Design Group akan memastikan untuk mencakup setiap detail, sehingga transisi Anda dari branding lama ke branding baru lancar dan sukses. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Kamarupa Design Group untuk membantu rebranding perusahaan Anda. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi seputar branding yang pas untuk perusahaan Anda!